Halaman

Selasa, 02 Oktober 2012

Style Punk Kini Sekedar Fashion

Saya tidak ingat kapan tepatnya mendengar ada sebuah band besar indonesia yang munafik (akan saya bahas nanti kenapa saya cap munafik)  yang berkata dengan lantang bahwa musik punk adalah musik sampah, dan seketika itu pula langsung terjadi kerusuhan  karena notabene yang saat itu memeriahkan acara band di smu negri 1 bandung tersebut hampir 50% anak punker bandung, sampai akhirnya band terkenal tersebut tidak meneruskan kesombongannya diatas panggung tadi dan bergegas kembali ke habitatnya, karena sadar bandung merupakan habitat punker. musisi punker seangkatan saya mungkin ingat kejadian itu.
Dalam kurun kurang dari satu tahun Style Punk mulai Jadi Trendy, pentolan grup band d*** 19 tersebut pun entah kenapa penampilannya berubah seperti anak punk, dengan rambutnya yang mohawk, gaya berpakainnya dan sampai ke gaya bermusiknya berbau punk ( ini yang alasan saya bilang beliau munafik). cuman tetap saja semua yang coba dilakukan musisi ini jauh dari hakikat punker sebenarnya malah lebih condong melecehkan style punk yg seakan berubah jadi trend tanpa dipahami apa itu artinya rambut mohawk,  kenapa anak punk memakai spike, piercing dan lain hal yg seolah sengaja dilecehkan.

Ya... yang benar aja, lagunya pop melayu rambutnya mohawk, stylenya punk! trend punk tersebut menjamur dikalangan para musisi pop melayu, bahkan rocker dangdut dll. cape juga permasalahkan hal seperti ini, tidak usah dibahas lagi yah,  punker senior bandung sehari harinya sekarang cukup memakai t shirt and jeans, jarang ditemui rambut mohawk tegak lurus atau gelang spike ditangan. yang penting jiwanya yang tetap punk yang mandiri, anti rutinitas, anti kemapanan, mereka lebih senang berjualan kaos yang mereka sablon sendiri daripada harus bekerja di perusahaan swasta kapitalisme, atau mereka lebih senang ngamen dari kafe ke kafe, turun naik angkot demi mencari makan, banyak juga yang sukses dengan usaha distronya, atau buka label recording indie label, dan mata pencaharian sampingan lain yg bersifat kreatif banyak mereka ciptakan -salut-